Sabtu, 02 Juni 2012

Resume Materi (Learning 2)


RESUME
PERKULIAHAN ORIENTASI BARU DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN

HARI, TANGGAL :  Kamis, 9 Pebruari 2012 JAM :  08.00-10.15
TOPIK :  Learning 2 RUANG : 403


A. SUMMARY MATERI
Materi yang dibahas dalam diskusi ini ialah teori belajar sosio-kultural dan teori belajar konstruktifisme. Peletak dasar teori belajar sosio-kultural ialah Jean Piaget dan Vygotsky.
Menurut Piaget, belajar ditentukan karena adanya karsa individu artinya  pengetahuan berasal dari individu. Siswa berinteraksi dengan lingkungan sosial yaitu teman sebayanya dibanding orang-orang yang lebih dewasa. Penentu utama terjadinya belajar adalah individu yang bersangkutan (siswa) sedangkan lingkungan sosial menjadi faktor sekunder. Sedangkan bagi Vygotsky Jalan pikiran seseorang dapat dimengerti dengan cara menelusuri asal usul tindakan sadarnya dari interaksi sosial (aktivitas dan bahasa yang digunakan) yang dilatari sejarah hidupnya. Peningkatan fungsi-fungsi mental bukan berasal dari individu itu sendiri melainkan berasal dari kehidupan sosial atau kelompoknya. Kondisi sosial sebagai tempat penyebaran dan pertukaran pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai sosial budaya.
Ada beberapa konsep teori belajar sosio-kultural yakni Teori belajar dan pembelajaran yaitu  genetic law of development, Zona perkembangan proksimal (zone of proximal development), dan Mediasi.
Dalam dunia pendidikan, aplikasi dari teori belajar sosial dapat dirasakan dalam berbagai jenjang dan model pendidikan, entah dalam pendidikan informal, nonformal dan pendidikan formal. Secara khusus dalam pendidikan formal, pengaruh teori ini merambah semua komponen (stake holders) pendidikan. selain itu, komponen-komponen pembelajaran juga harus dikembangkan dengan mengedepankan prinsip-prinsip teori belajar sosio-kultural.
Teori belajar sosio-kultural ini tentu memiliki kelebihan tertentu bila dibandingkan dengan teori belajar yang lainnya. Beberapa di antaranya ialah Anak memperoleh kesempatan yang luas untuk mengembangkan zona perkembangan proximalnya atau potensinya melalui belajar dan berkembang; Pembelajaran perlu lebih dikaitkan dengan tingkat perkembangan potensialnya daripada tingkat perkembangan aktualnya; Pembelajaran lebih diarahkan pada penggunaan strategi untuk mengembangkan kemampuan intermentalnya daripada kemampuan intramental; Anak diberi kesempatan yang luas untuk mengintegrasikan pengetahuan deklaratif yang telah dipelajarinya dengan pengetahuan prosedural yang dapat dilakukan untuk tugas-tugas atau pemecahan masalah; Proses belajar dan pembelajaran tidak bersifat transferal tetapi lebih merupakan ko-konstruksi.
Namun selain kelebihan-kelebihan itu, tentu teori ini juga tak luput dari kelemahan-kelemahan. Seperti, Terbatas pada perilaku yang tampak; proses-proses belajar yang kurang tampak seperti pembentukan konsep; belajar dari berbagai sumber belajar, dan juga Pemecahan masalah dan kemampuan berpikir sukar diamati secara langsung.
Sementara itu, dalam teori belajar kontruktifisme, pengetahuan merupakan konstruksi (bentukan) dari orang yang mengenal sesuatu (skemata). Pengetahuan tidak bisa ditransfer dari guru kepada orang lain, karena setiap orang mempunyai skema sendiri tentang apa yang diketahuinya. Dengan demikian, seseorang yang belajar itu berarti membentuk pengertian atau pengetahuan secara aktif dan terus-menerus. Boleh dikatakan bahwa pengetahuan setiap individu dibangun oleh dirinya sendiri. Teori belajar konsep, teori pembelajaran bermakna Ausubel, dan teori skema merupakan pengembangan lanjutan dari teori konstruktifisme.
Dalam konteks pembelajaran, aplikasi dari teori ini tampak dalam penerapan model mekanistis dalam pembelajaran, pendekatan empiristik, pendekatan strukturalistik, dan realistik. Dalam pembelajaran matematika, konsep ini secara utuh terserap dalam pendekatan pembelajaran matematika realistik.

B. ISU DALAM DISKUSI
Perkembangan anak dilihat dari intermental dan intramental, maksudnya? (Puryati)
Dalam konteks pembelajaran dewasa ini, anak tidak lagi dianggap sebagai kertas kosong yang tidak berisi, tetapi anak adalah pribadi yang sudah memiliki pengetahuannya sendiri dan bisa mengkonstruksikan  sendiri pengetahuan.
Dalam konsep Vygotsky, perkembangan individu semestinya tidak hanya dipengaruhi oleh perkembangan dirinya sendiri tetapi juga dipengaruhi oleh lingkungan sosial.
Setiap kemampuan seseorang akan tumbuh dan berkembang melewati dua tataran, yaitu interpsikologis atau intermental dan intrapsikologis atau intramental. Pandangan teori ini menempatkan intermental atau lingkungan sosial sebagai faktor primer dan konstitutif terhadap pembentukan pengetahuan serta perkembangan kognitif seseorang. Sedangkan fungsi intramental dipandang sebagai derivasi atau keturunan yang tumbuh atau terbentuk melalui penguasaan dan internalisasi terhadap proses-proses sosial tersebut.

Bagaimana dengan refleksi dalam teori belajar sosio-kultural dan konstruktifisme? (Siti Hanifa)
Implikasi praktis dari teori belajar sosio-kultural, bahwa pembelajaran tidak hanya terjadi di dalam kelas tetapi juga di luar kelas dengan metode dan media yang sesuai. Selain itu juga hal ini diterapkan dalam pendekatan belajar inquiri dan discovering, yang mengefektifkan peran siswa sendiri dalam mengkonstruksi dan mentrasformasikan informasi guna membentuk pengetahuan yang baru. siswa juga diberi kesempatan untuk merefleksi pengetahuan yang dikonstruksi dan ditransformasikannya dan membacanya secara baru sebagai suatu pengetahuan yang berarti.

Ada anak yang usia mental dan usia sesungguhnya tidak sejalan. Aspek biologisnya berkembang cepat, sedangkan mentalnya sangat lambat, jadi tidak sejalan. Bagaimana dengan hal ni (Afrinawati)
Perkembangan individu kadang tidak berjalan bersamaan dalam segala aspek. Bisa jadi aspek biologis berkembang pesat sedangkan pada aspek lainnya seperti dalam kognitif mungkin akan berbeda. Kematangan individu, biologis, kognitif, sosio-emosional, sosio-budaya masing-masing individu tentu berbedaa satu sama lain.
Secara nyata hal ini bisa ditemukan pada siswa yang mengalami keterbelakangan mental. Konsekuensinya dalam pembelajaran, guru harus memahami dan mendalami aspek-aspek perkembangan individu.

Masukkan dari Pak Asep:
Sebelum membahas teori belajar sosio-kultural, mestinya didalami dahulu teori belajar sosial. Sosial dan kultural pada galibnya sama yakni berkaitan dengan interaksi sosial dengan sesama. Perbedaannya ialah bahwa Social: hanya sekedar berinteraksi dengan sesama (yang sosial) sedangkan Kultural: interaksi keluar dalam konteks suatu budaya tertentu (kultural tertentu).
Teori belajar sosial menekankan pentingnya proses sosial (interaksi sosial) dalam kegiatan belajar. Belajar dengan mengamati orang lain (learning observation) (model). Di sini dapat dilihat bahwa anak lebih menjadi seorang pribadi  dari apa yang dilihatnya, dan sangat kurang dari apa yang dikatakan atau dinasihati orang lain. Tentang modeling, ada empat hal penting yakni Atensi (perhatian), Retensi (mengingat: memasukkan data ke dalam memori), Product (hasil dalam bentuk prilaku), dan motivation. Lebih lanjut social cognitif theory merupakan teori belajar yang menekankan pentingnya proses kognitif dan interaksi sosial dalam belajar. Dalam social kognitif learning, Bandura menegaskan bahwa ada keterkaitan erat antara personal, behavior, dan environment.
Dalam diri individu ada juga yang dikenal dengan kemampuan aktula dan kemampuan potensial. Kemampuan actual adalah kemamuan untuk menyelesaikan suatu tugas dengan sukses dan mandiri. Kemampuan potensial ialah Kemampuan yang dimiliki dan mungkin dikuasai tetapi harus dengan bantuan dari lingkungan. Kegiatan belajar bisa jadi merupakan usaha individu untuk mengefektifkan dua kemampuan ini yang terjadi secara berulang-ulang.

C. REFLEKSI
Teori belajar sosio-kultural dan teori belajar konstruktivisme merupakan dua dari sebagian banyak teori belajar yang merupakan produk dari psikologi pembelajaran. Teori belajar sosio-kultural muncul dipengaruhi oleh teori belajar sosial dan teori belajar kultural. Menurut teori ini, perkembangan anak dalam belajar sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan lingkungan budaya. Sosial dalam artian bahwa perkembangan anak dalam belajar selalu dipengaruhi oleh interaksi sosial dengan yang lainnya. Interaksi ini terjadi secara umum, dan berlaku bagi semua orang. Sedangkan teori belajar kultural, mengindikasikan belajar sebagai interaksi sosial seorang anak dengan sesama dalam lingkup budaya (kultur) tertentu.
Teori belajar konstruktifisme lebih mengedepankan peran individu dalam mengkonstruksi sendiri pengetahuannya. Konstruksi pengetahuan ini tentu tidak terlepas dari peran masyarakat sosial, pengalaman anak, dan juga tingkat perkembangan anak itu sendiri.
Hemat saya kedua teori belajar ini memberi sumbangan yang berarti bagi pelaksanaan pembelajaran, baik dalam lingkup pendidikan formal, nonformal, dan informal. Teori-teori ini merupakan jiwa dari pengembangan pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan. Siswa mencari, menemukan, mengelolah, dan mengkonstruksi serta menstransformasikan informasi yang diperolehnya guna menjadi sebuah pengetahuan yang bermakna.
Namun, yang menjadi persoalan ialah, manakala para pelaku dan pemerhati pendidikan tidak memahami dengan jelas tentang penerapan teori-teori itu dalam konteks praktis pembelajaran. Boleh jadi, akan menghasilkan suatu pendekatan yang pincang dalam pelaksanaan pembelajaran karena mungkin penerapan teori tersebut hanya setengah-setengah. Saya pribadi berpendapat bahwa inilah tantangan dunia pendidikan yang harus dibaca secara menyeluruh dan mendalam. Upaya membangun pendidikan yang bermutu dan bermoral akan terwujud bila semua stake holders pendidikan, khususnya guru di sekolah memperhatikan perannya dalam mendidik, membimbing, dan membina pebelajar. Strategi dan pendekatan yang dilakukan oleh guru sangat mempengaruhi pencapaian mutu pendidikan. hal ini akan terwujud bila guru memahami dan mendalami dengan benar dan tepat penerapan teori belajar dalam pembelajaran.

Nama : Alfonsus Sam
No.induk : 7816110450


RESUME
PERKULIAHAN ORIENTASI BARU DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN

HARI, TANGGAL :  Kamis, 9 Pebruari 2012 JAM :  10.15-12.15
TOPIK :  Motivation   RUANG : 403


A. SUMMARY MATERI
Ada banyak definisi tentang motivasi individu. Secara umum, motivasi dipahami sebagai suatu dorongan internal, atau suatu situasi psikologis manusia yang menunjukkan suatu keinginan, semangat untuk bertindak atau melakukan sesuatu. Sederhananya, motivasi dilihat sebagai sesuatu yang menyebabkan orang bertindak atau melakukan sesuatu.
Motivasi terdiri dari dua bentuk yakni motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi instrinsik merupakan motivasi (keinginan) yang timbul dari dalam diri siswa (individu), sedangkan motivasi ekstrinsik ialah motivasi yang muncul dari sesuatu di luar diri siswa.
Dalam konteks teori belajar kognitif, motivasi terkait dengan keyakinan, harapan dan kebutuhan, kemungkinan dan pemahaman siswa. Dalam konteks teori humanisme, motivasi mengisyaratkan hubungan yang baik antara guru dan murid, serta suasana kelas yang kondusif. Sedangkan dalam konteks teori belajar behaviorisme, motivasi erat kaitannya dengan konsep kontiguity, konsep reinforcement, punishment dan modelling.
Ada banyak teori tentang motivasi. Di antaranya ialah Teori Maslow, teori Herzberg, teori McClellend, teori Vroom, dan teori equaty dan pencapaian tujuan. Semuanya bermuara pada pemahaman bahwa motivasi selalu berkaitan dengan kehendak atau keinginan individu untuk melakukan sesuatu.
Menurut Teori Humanistis, ada beberapa cara memotivasi siswa, yakni memperlakukan siswa sebagai manusia, lalu sebagai anak didik; Hargai dan hormati anak didik tanpa syarat ( unconditioned positive regards); Ciptakan suasana kelas yang nyaman; Pertimbangankan untuk   penyelenggaraan proses pembelajaran dari perspektif  siswa .
Dalam konteks pembelajaran, motivasi selalu dikaitkan dengan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar akan tercapai dan maksimal bila siswa memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar. Selain berkaitan dengan prestasi belajar, motivasi juga dapat dilihat sebagai salah satu komponen sosial yang amat erat berhubungan dengan konteks sosial budaya, motif sosial, hubungan sosial dan konteks sosiokultural.

B. ISU DALAM DISKUSI
Pengertian motivasi bertolak belakang dengan contoh. Sebagaimana diketahui bahwa motivasi lebih dipahami sebagai dorongan internal. Lalu ada contoh bahwa pemberian hadiah bagi peserta didik merupakan salah satu bentuk motivasi ekstrinsik. Tidakkah hal ini bertolak belakang dengan pengertian motivasi? (Alfonsus Sam)
Motivasi pada dasarnya merupakan suatu dorongan dari dalam diri seseorang. Motivasi dikehendaki berasal dari diri siswa sendiri. Namun ini tidak cukup, bagaimanapun juga sangat dibutuhkan motivasi dari luar diri siswa. Hadiah disebut sebagai motivasi karena memang dengan hadiah yang dijanjikan anak didik akan termotivasi untuk belajar. Memang agak susah membedakannya dengan penguatan, karena motivasi dan penguatan dapat dibaca dalam satu kesatuan yang saling berkaitan. Penguatan juga bahkan merupakan bentuk dari motivasi eksternal.

Ada anak didik yang agak sulit untuk dimotivasi agar belajar dengan giat. Bagaimanakah upaya yang bisa ditempuh guru dalam menumbuhkan motivasi intrinsik anak seperti itu? (Dityas)
Belajar pada teori humanisme, kita dapat menemukan beberapa upaya/usaha untuk membangun motivasi intrinsik siswa, seperti:
Perlakukan siswa pertama-tama dan paling utama sebagai manusia, lalu sebagai anak didik.
Hargai dan hormatilah hak dan kewajiban anak tanpa syarat.
Ciptakan suasana kelas yang nyaman.
Pertimbangkan untuk proses pembelajaran dari perspektif siswa.

Variabel-variabel apa sajakah yang menjadi tanda seorang anak termotivasi dalam belajar? (Evi Sofia)
Ada banyak variabel (indikator) yang menjadi tanda seorang anak termotivasi dalam belajar, di antaranya:
Faktor inteligensi
Faktor lingkugan sosial
Faktor keluarga
Minat anak itu sendiri
Peran guru dalam membangkitkan minat dan memotivasi siswa
Peran guru khusus untuk memberikan pendampingan khusus terhadap siswa sesuai dengan perkembangannya.

Masukkan dari Pak Asep:
Istilah motivasi secara sederhana dapat dipahami sebagai sesuatu yang menyebabkan orang bertindak atau melakukan sesuatu. Atau juga suatu situasi psikologis yang menunjukkan suatu keinginan, semangat, untuk melakukan sesuatu.
Motivasi dibedakan atas dua yakni motivasi intrinsik yang mengarahkan seseorang belajar demi belajar; dan motivasi ekstrinsik, yang mengarahkan seseorang bahwa belajar bukan demi belajar tetapi demi ijazah, nilai ulangan, nilai ujian, dan lain-lain. Selain dua motivasi tersebut, ada satu motivasi yang kandungan kebenarannya susah ditebak, yang berwujud keikhlasan. Motivasi ini hanyalah bisa diketahui oleh Dia Yang Maha Tahu.
Banyak hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi sangat signifikan dan positif antara motivasi belajar dan prestasi belajar peserta didik. Siswa yang belajar dengan mengedepankan motivasi intrinsik, cendrung lebih berprestasi bila dibandingkan dengan siswa yang mengedepankan motivasi belajar ekstrinsik. Selain itu ditemukan bahwa motivasi selalu bersifat dinamis.
Ada beberapa indikator penanda motivasi seseorang: durasi motivasi, frekuensi motivasi, presestensi (ketekunan), ketabahan dan ulet, devosi dan pengorbanan untuk mencapai tujuan, tigkat aspirasi yang hendak dicapai, tingkat kualifikasi produk yang dihasilkan dari kegiatan, dan arah sikap terhadap sasaran kegiatan.
Teori-teori motivasi terdiri dari behavioral motivation, humanistic motivation, cognitif motivation, dan socio-cultural motivation.
Beberapa tindakan praktis memotivasi siswa dalam belajar:
Perlakukan murid sebagai manusia lalu anak didik.
Membangun relasi yang kuat antara guru dengan murid.
Pertimbangkan untuk menyelenggarakan proses pembelajaran dari perspektif siswa.
Hargailah dan hormatilah hak dan kewajiban siswa.
Menciptakan situasi kelas yang kondusif.

C. REFLEKSI
Motivasi mutlak perlu dalam proses belajar dan perkembangan manusia. Saya pribadi melihat motivasi semacam roh yang mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia. Dengan perkataan lain, motivasi merupakan landasan bagi seseorang untuk melakukan, berpikir, dan bertindak sesuai dengan kesadaran dirinya sebagai manusia.
Motivasi sendiri dibedakan menjadi motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Hemat saya walaupun ada pembedaan antara model atau bentuk motivasi seorang individu tetap mengarah pada perkembangan individu itu sendiri berdasarkan motivasinya sendiri. Boleh jadi, motivasi dari luar (ekstrinsik) hanyalah sebagai pendorong untuk menumbuhkan motivasi intrinsik siswa. Hal inilah yang mungkin membebankan guru di sekolah dalam usaha mendampingi anak-anak agar termotivasi untuk belajar.
Mungkin harus diakui bahwa sekarang ini, sangat sedikit sekali pebelajar yang memiliki motivasi intrinsik dalam belajar. Saya berasumsi bahwa hal ini disebabkan oleh globalisasi dan juga sistem dalam pendidikan itu sendiri. Pengaruh globalisasi yang menjanjikan banyak pesona, justru menjadi motivasi bagi pebelajar untuk belajar.
Dalam kaitannya dengan sistem, sistem pendidikan seakan-akan memaksa pebelajar untuk belajar demi tujuan tertentu, buka demi belajar itu sendiri. Iming-iming nilai bagus, sekadar lulus UN, dan lain-lain. Guru di sekolah menengah dan sekolah dasar, bahkaan dosen di perguruan tinggi selalu menekankan hal ini. para pebelajar (khususnya di pendidikan dasar dan menengah) dipaksa untuk menguasai banyak materi dengan orientasi utama untuk lulus dalam ujian akhir (Ujian Nasional). Akibatnya, para pebelajar selalu dihantui oleh rasa takut menghadapi ujian akhir tersebut. Bukan tidak mungkin pada gilirannya pebelajar akan kehilangan motivasi intrinsik.
Memang, untuk mengubah pola dan sistem pendidikan seperti ini tidaklah semudah membolak-balikkan telapak tangan. Perlu upaya keras semua pihak yang berkepentingan di dalamnya. Sumbangan dari paham humanisme menaruh harapan besar agar mengubah sistem pendidikan yang terlalu menekankan motivasi ekstrinsik dalam pembelajaran. Semoga.
Nama : Alfonsus Sam
No.induk : 7816110450

Tidak ada komentar: